Catatan Perjalanan Tempo Keliling Highland di Skotlandia

Jumat, 11 Januari 2019 10:33 WIB

Loch Ness, danau yang terkenal dengan monster Nessie di Skotlandia. Dok. Rahmita Dewi Lubis

TEMPO.CO, Skotlandia - Di antara kerumunan mega dan pegunungan Glencoe, Skotlandia, kehangatan hanya datang sekejap-sekejap dari ujung selatan. Pertengahan Desember 2018, musim dingin baru saja tiba. Cuaca berubah suka-suka. Sejenak hujan deras, kemudian terang, lalu mendung dan tak berselang lama kembali rinai. Skotlandia seperti hari biasa hadir dengan cuaca yang tak terkira.

Baca: Jalan-jalan ke Gedung Parlemen Skotlandia, Ada Ruang Kontempelasi

Saya menepikan kendaraan di depan sebuah mobil yang diparkir di pinggir jalan di kawasan Glencoe, Skotlandia. Dari kaca spion, saya melihat seorang perempuan berambut pirang tergopoh-gopoh menghampiri. Saya belum sempat menarik tuas rem tangan. "Mobil kalian menghalangi titik foto seperti di film Skyfall," kata perempuan berambut pirang tersebut.

Saya tersenyum sembari meminta maaf. Saya pun memundurkan kendaraan dan mencari lokasi parkir berbeda. Tatkala pintu mobil terbuka, angin dataran utara seketika menyergap. Saya merapatkan jaket dan syal. Kecuali muka, tak ada satu bagian pun kulit yang saya biarkan terbuka bersentuhan dengan angin. Saya tak sempat membuka ponsel untuk melihat, berapa derajat suhu hari itu. Namun satu yang pasti, angin gunung menambah dingin cuaca hari itu.

Pertengahan Desember lalu, saya dan empat kawan mengelilingi Highland selama tiga hari dua malam. Kami menyewa kendaraan dengan total harga £120 pound (sekitar Rp 2,1 juta) untuk tiga hari, belum termasuk bahan bakar dan asuransi. Glencoe hanya salah satu titik persinggahan kami selama road trip alias perjalanan susur jalan tersebut. Kami memulai perjalanan dari Glasgow, Loch Lomond, Glencoe, Glenfinnan Viaduct, Fort William kemudian bermalam di Isle of Skye.

Advertising

Glencoe adalah sebuah kawasan pegunungan di utara Skotlandia, biasa disebut Highland. Kawasan ini berjarak 131 kilometer dari Glasgow atau bisa ditempuh dalam waktu dua jam menggunakan kendaraan pribadi. Glencoe, yang juga sebuah nama desa, merupakan bagian dari Lochaber Geopark di dataran tinggi Skotlandia. Topografi kawasan ini berbukit-bukit dengan lembah yang dikeliling loch alias danau setengah teluk atau teluk setengah danau. Gugusan pegunungan ini terbentuk berabad-abad lalu akibat letusan gunung berapi dan cairan gletser.

Perempuan pirang yang menegur saya, asyik berfoto-foto bersama dua kawannya. Sebelum pergi, dia menghampiri kami. "Itu latar belakang ketika James Bond bertemu dengan dengan M," kata perempuan tadi sembari menunjuk kali dan jembatan di kejauhan.

Tempat James Bond dan M bertemu dalam film Skyfall mengambil latar di Glencoe, Skotlandia. Dok. Rahmita Dewi Lubis

M merupakan karakter fiksi dalam buku dan film James Bond karya Ian Fleming. Dia adalah bos MI6, organisasi Secret Intelligence Service sekaligus atasan James Bond. Dalam film Skyfall, Glencoe merupakan lokasi ketika James Bond menyopiri M dengan mobil Aston Martin DB5 ke rumahnya yang bernama Skyfall Lodge. Rumah keluarga Bond tersebut berlokasi di Glen Etive, juga terletak di kawasan Highland.

Sepanjang perjalanan, kami disuguhi dengan pemandangan perbukitan dengan warna kecokelatan yang sebagian puncaknya tertutup salju. Desa Glencoe menjadi titik awal pendakian ke puncak pegunungan tersebut. Desa Glencoe terletak di antara Loch Leven dan beberapa lembah kecil. Tempat ini acap menjadi basis bagi wisatawan untuk menjelajahi kawasan Lochaber. Kawasan ini dikenal sebagai Outdoor Capital of the UK dan juga muncul dalam film ketiga Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.

Jalanan sepanjang Glasgow menuju Isle of Skye termasuk mulus, penuh dengan rambu meskipun tanpa lampu penerangan jalan. Sepanjang jalan kami disuguhi pemandangan di jantung gunung volkano tua. Terang baru dimulai pukul sembilan pagi. Sementara gelap datang terlalu cepat yakni pukul empat sore. Kami hanya menikmati matahari selama enam jam, yang itu pun belum termasuk diganggu mendung dan hujan yang turun tanpa bisa kami kira.

Baca juga: Berlibur ke Skotlandia Bersama McKinzie Bersaudara

Selain Glencoe, kami juga mampir ke Glennfinnan. Bangunan yang terkenal di kawasan yang dikelola oleh National Trust for Scotland adalah Monumen Glenn Finnan. Monumen ini dibangun pada 1815 dan didesain oleh arsitek Skotlandia, James Gillespie. Glennfinnan berlokasi satu setengah jam dari Fort William, kota pelabuhan di kawasan Isle of Skye.

Namun, yang terkenal di kawasan ini justru bukan monumennya melainkan Glennfinnan viaduct. Jika kita mengetik “Harry Potter Bridge” di Google maka akan muncul gambar jembatan tempat kereta api Hogwarts melintas. Itulah Glennfinnan viaduct. “Ini namanya tikungan Harry Potter,” kata Dwi Citra Parameswari, mahasiswa the University of Glasgow, kawan seperjalanan saya.

Glenfinnan menjadi tempat terakhir yang kami singgahi hari itu sebelum menuju Isle of Skye, lokasi penginapan kami hari itu. Isle of Skye merupakan daerah dengan pulau-pulau kecil di bagian barat Inggris Raya menghadap Laut Utara. Malam itu kami menginap di Skye Backpacker Hostel dengan harga £68 per malam untuk satu kamar berisi empat ranjang menghadap ke laut. Esok hari, kami berencana menjelajah Isle of Skye sebelum beranjak ke Loch Ness dan menginap di Aviemore.

Selanjutnya: Menginap di Cairngorms National Park
<!--more-->
Pada hari kedua, Citra menerima telepon dengan wajah cemas. Kami baru saja tiba di Portree, sebuah kota kecil di Isle of Skye. Setelah berbincang selama 10 menit, dia menatap kami. Menurut Citra, pengelola penginapan meminta kita tiba sebelum pukul lima sore. “Kalau tidak bisa, mereka meninggalkan kunci di resepsionis, nanti kita cari kamarnya sendiri,” kata Citra.

Hari kedua kami berencana menginap di Aviemore Badaguish, penginapan yang terletak di Cairngorms National Park. Penginapan ini berjarak 250 kilometer dari the Isle of Skye atau sekitar empat jam perjalanan. Pada hari kedua, kami memulai hari dengan mengunjungi The Old Man of Storr, perbukitan di kawasan Isle of Skye.

Aviemore Badaguish, wigwam di kawasan Cairngorms National Park, Skotlandia. Dok. Rahmita Dewi Lubis

The Storr terletak di bagian utara Isle of Skye di area yang disebut sebagai Trotternish. The Storr terletak di antara dua kota kecil bernama Portree and Staffin. Dari Portree, pengunjung membutuhkan waktu 10 menit berkendara dengan mobil. Ada satu area parkir yang mampu menampung 10 kendaraan ukuran kecil. Puncak the Storr bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 45 menit dari tempat parkir kendaraan.

Puncak the Storr dihiasai aneka batu karang dan rasanya tak boleh dilewatkan begitu saja ketika mengunjungi Highland. Hari itu, puncak the Storr dipenuhi kabut pekat. Dari puncak bukit, kami bisa memandang ke segala penjuru mata angin dengan latar belakang aneka loch, lembah dan gunung di kejauhan. The Storr menjadi lokasi syuting film seperti Promotheus (2012) dan The Wickerman (1973).

Selain mengunjungi The Storr, kami juga berkunjung ke Loch Ness. Danau ini terkenal dengan legenda bernama Nessie. Monster ini bukan sekadar mitos karena, mengutip situs Visit Scotland, lebih dari seribu pasang mata pernah melihat mahkluk ini. “Ada banyak bukti yang tidak bisa dijelaskan dan meninggalkan kebingungan bagi para peneliti,” tulis Visit Scotland.

Berikutnya: Di Mana Bintang Berpendar Sempurna
<!--more-->
Gelap sudah turun dengan sempurna saat kami tiba Aviemore Badaguish. Penginapan kami terletak di tengah-tengah Cairngorms National Park dan berjarak 5 mil atau 8 kilometer dari jalan utama Inverness dan Aviemore. Kami hanya bertemu dengan seorang pria yang mengaku berkebangsaan Belanda di penginapan ini. Dia bercerita sedang naik gunung bersama seorang kawannya. Nahas, kaki partnernya patah karena terpleset saat turun dari pendakian. “Kami sudah tiga hari di sini,” kata dia.

Selain kami, malam itu kami hanya melihat satu mobil lain, mungkin milik pria Belanda yang kami temui. Karena kami tiba pukul lima lewat, maka kami pun tidak berjumpa dengan pengelola penginapan. Mereka meninggalkan kunci di belakang resepsionis. Mereka meninggalkan secarik pesan berisi petunjuk pengisian token listrik untuk menyalakan pemanas. Pengunjung yang membutuhkan kantong tidur dan bantal bisa menyewa dengan harga £10 (Rp 179 ribu) per malam.

Ada sejumlah model akomodasi di Aviemore Badaguish. Ada yang berbentuk villa dan ada pula yang berupa wigwam (pondok kecil berbahan kayu). Satu wigwam umumnya diisi empat orang. Kecuali villa, akomodasi per malam dihitung per orang. Kami membayar £15,2 (Rp 272 ribu) per orang belum termasuk kantong tidur dan bantal. Wigmam yang saya tempati terletak di pinggir sungai. Di tengah kegelapan, saya mendengar gemericik dari air yang mengalir.

Cairngorms National Park di Skotlandia. Dok. Rahmita Dewi Lubis

Yang menakjubkan di taman nasional ini adalah keindahan langit malam karena ketiadaan polusi dan kerlip lampu di daratan. Ada dua lokasi untuk menikmati keindahan malam di Cairngorms National Park yakni The Glenlivet dan Tomintoul. Dua tempat ini memiliki sejumlah program untuk wisatawan menikmati stargazing. Misalnya, program Naked Eye Stargazing untuk menikmati keindahan langit tanpa peralatan optikal. International Dark Sky Association menganugerahi kawasan pegunungan di Skotlandia sebagai Dark Sky Park di Britania Raya.

Saya menyempatkan diri keluar ketika hari berganti. Gelap seketika menyergap dn dingin menusuk kulit. Saya merapatkan jaket. Gemericik air datang entah dari sudut mana. Di langit, bintang berpendar dengan sempurna.

Artikel lainnya: Pernikahan Termurah di Dunia Ada di Skotlandia

Berita terkait

7 Destinasi Wisata India Favorit Wisatawan Asing

2 jam lalu

Menariknya tidak hanya ibu kota India yang megah tapi juga beberapa daerah terpencil yang memikat hati wisatawan mancanegara

Baca Selengkapnya

Patung Yesus Bukit Sibea-bea Danau Toba Jadi Tujuan Favorit Turis Lintas Agama, Tertinggi di Dunia

4 jam lalu

Patung Yesus Bukit Sibea-bea menjadi salah satu tempat destinasi favorit di kawasan Danau Toba

Setahun Menjabat PM Skotlandia, Humza Yousaf Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

4 jam lalu

PM Skotlandia Humza Yousaf dilantik saat usianya masih 37 tahun, setahun lalu. Tak sampai setahun ia mengundurkan diri. Apa alasannya?

6 Tips Liburan untuk Anak Penyandang Autisme

4 jam lalu

Berikut ini enam tips yang dapat dilakukan sebelum dan saat liburan bersama anak penyandang autisme

Baca Selengkapnya

Bandara Adi Soemarmo Turun Status, Sandiaga Uno: Ada Kekhawatiran Pariwisata Solo Turun

1 hari lalu

Bandara Adi Soemarmo turun status dari internasional ke domestik. Bagaimana nasib pariwisata di Solo? Ini tanggapan Sandiaga Uno.

Baca Selengkapnya

PM Muslim Pertama Skotlandia Memutuskan Mundur, Kenapa?

1 hari lalu

Baru setahun menjabat, PM Skotlandia Humza Yousaf yang merupakan pejabat muslim pertama mengundurkan diri sambil menangis.

Rekomendasi 20 Destinasi Wisata Garut, Termasuk Candi Cangkuang dan Leuwi Jurig

1 hari lalu

Garut alami gempa bumi belum lama ini. Daerah ini memiliki beragam destinasi wisata unggulan, antara lain Candi Cangkuang hingga Pantai Cijeruk.

NTB Berhasil Mengelola Sampah Hingga 64 persen

2 hari lalu

Sebagai tujuan wisata nasional berkomitmen menjaga destinasi tetap bersih dan nyaman.

Iuran Wisata untuk Siapa

2 hari lalu

Rencana pemerintah memungut iuran wisata lewat tiket pesawat ditolak sejumlah kalangan. Apa masalahnya?

Hong Kong Meluncurkan Tiket Bus Khusus untuk Wisatawan

4 hari lalu

Mulai Sabtu, 27 Juli 2024, salah satu operator bus di Hong Kong menerapkan tiket satu hari tanpa batas untuk wisatawan